Senin, 16 Januari 2012

MORCEF

A.Farmakodinamik
Cefpirome adalah antibiotik golongan sefalosporin generasi ke-4 yang bersifat bakterisidal dan tahan terhadap enzim - laktamase. Cincin - laktannya bekerja dengan cara mengganggu sintesis polimer dinding sel bakteri yaitu peptidoglikan. Sifat bakterisidalnya pada konsentrasi rendah adalah melawan bakteri patogen gram negatif dan positif karena cefpirome dapat masuk dengan cepat ke dalam dinding sel bakteri dan memiliki afinitas yang tinggi untuk berikatan dengan enzim target (ikatan penisilin-protein).


B.Farmakokinetik
Konsentrasi plasma puncak (Cmax) dan Area Under Curve (AUC) meningkat pada dosis tunggal setelah pemberian IV atau IM dari Cefpirome 0,25-\ - 2 gram pada sukarelawan pria sehat. Nilai Cmax antara 86,7 dan 97,4 mg/l setelah pemberian Injeksi IV tunggal pada dosis cefpirome 1 gr dan antara 23,2 dan 30,6 mg/l dua jam setelah pemberian IM dengan dosis pemberian yang sama (cefpirome 1 gr). Estimasi bioavailabilitas cefpirome setelah pemberian IM adalah 91,6 dan 97,6%. Tidak ada akumulasi obat yang jelas setelah pemberian cefpirome 1-2 gr setiap 12 jam selama lebih dari 5,5 hari. Volume distribusi pada waktu lunak (steady-state) adalah antara 15,3 dan 21,31 dan sekitar 8-12% obat terikat dengan protein plasama. Sekitar 80% dari dosis pemberian cefpirome dieliminasi lewat urine dalam bentuk utuh setelah 48 jam pada sukarelawan sehat. Secra normal, pembersihan renal total adalah sekitar 6,6-10,6 jam/l dan kecepatan bersihan renal total berkisar antara 4,9-6,7 l/jam. Waktu paruh eliminasi rata-rata (t42 B) Cefpirome antara 1,7-2,3 jam.

C.Indikasi
MORCEF diindikasikan untuk terapi injeksi, baik sebelum organisme penyebab infeksi diketahui ataupun yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif, seperti:
1.Infeksi saluran pernapasan bagian bawah
2.Komplikasi infeksi saluran kemih bagian atas dan bawah
3.Infeksi kulit dan jaringan lunak
4.Bakteremia/sepitkimia
5.Infeksi-infeksi berat, dari yang tercantum di atas.

D.Kontradiksi
Hipersensitif terhadap sefalosporin.

Tidak ada komentar: