Senin, 16 Januari 2012

TAXEGRAM

A.Farmakodinamik
Taxegram mengandung Natrium Sefotaksim yaitu antibiotika sefalosporin semi-sintetik spektrum luas untuk pemberian parenteral. Aktivitas bakterisidal Natrium Sefotaksim dihasilkan dari penghambatan sintesis dinding sel. Natrium Sefotaksim memiliki aktivitas in vitro yang luas terhadap organsime gram-positif dan gram-negatif.
Taxegram mempunyai derajat stabilitas yang tinggi terhadap beta-laktamase baik penicillinase maupun sefalosporinase dari bakteri gram-positif dan gram-negatif. Taxegram memperlihatkan afinitas yang tinggi untuk ikatan penicillin pada dinding sel termasuk PBP, Ib dan III.

B.Farmakokinetik
1.Selama pengobatan infeksi spirochaeta dapat timbul reaksi herxheimer yang ditandai dengan timbulnya gejala-gejala demam, menggigil, sakit kepala, nyeri pada persendian.
2.Peningkatan nefrotoksisitas dilaporkan terjadi setelah pemberian sefalosporin bersama-sama dengan probenesid dapat meningkatkan dan memperpanjang kerja sefotaksim dalam serum.
3.Uji Coombs positif palsu dapat terjadi pada penderita yang sedang mendapat pengobatan dengan sefotaksim.

C.Indikasi
Taxegram diindikasikan untuk pengobatan infeksi serius yang disebabkan oleh strain-strain mikroorganisme yang sensitif pada kondisi berikut:
1.Infeksi saluran pernapasan bawah
2.Infeksi saluran urogenital serta gonore yang tidak terkomplikasi yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae termasuk strain-strain penghasil penisilinase
3.Infeksi kulit dan jaringan lunak
4.Infeksi intra-abdominase termasuk peritonitis
5.Infeksi tulang atau persendian
6.Infeksi sistem saraf pusat antara lain meningitis

D.Kontra Indikasi
Hipersensitivitas terhadap sefalosporin.

E.Dosis
Pemberian dosis tergantung pada beratnya infeksi, sensitivitas bakteri penyebab dan kondisi penderita. Pemberian taxegram injeksi dapat diberikan secara:
1.Injeksi intravena: Kocok dengan hati-hati selama dilarutkan kemudian diinjeksikan selama 3-5 menit langsung ke dalam vena atau distal dari selang infus yang di klem.
2.Injeksi intramuscular: Injeksikan dalam-dalam pada otot gluteus. Untuk mencegah rasa sakti karena penyuntikan IM, larutan taxegram dalam larutan lignokain 1%.
Sediaan larutan taxegram yang dipakai harus segar. Larutan injeksi disimpan pada temperatur di bawah 25ยบ C selama tidak lebih dari 24 jam.


Tidak ada komentar: