Rabu, 21 Maret 2012

MENGENAL VAKSIN MENINGITIS

Ada vaksin-vaksin melawan Hib (Haemophilus influenzae type B) dan melawan beberapa strains dari N. meningitidis dan banyak tipe-tipe dari Streptococcus pneumoniae.

Vaksin-vaksin yang melawan Hib dipertimbangkan sangat aman dan sangat efektif. Pada umur 6 bulan, setiap bayi harus menerima paling sedikit tiga dosis dari suatu vaksin Hib. Suatu dosis keempat ("booster") harus diberikan pada anak-anak yang berumur antara 12 dan 18 bulan.

Ada juga suatu vaksin yang melindungi terhadap empat strains dari N. meningitidis, namun ia tidak digunakan secara rutin di Amerika. Ia adalah tidak efektif pada anak-anak dibawah umur 18 bulan. Ia ada kalanya digunakan untuk mengontrol perjangkitan-perjangkitan dari beberapa tipe-tipe dari meningococcal meningitis di Amerika. Mahasiswa-mahasiswa College secara khusus diberikan vaksin sebelum bertempat tinggal di college.

Meskipun epidemik-epidemik yang besar dari meningococcal meningitis tidak terjadi di Amerika, beberapa negara-negara mengalami epidemik-epidemik periodik yang besar. Turis-turis luar negri harus memeriksa untuk melihat apakah vaksin meningococcal direkomendasikan untuk negara tujuan mereka. Turis-turis harus memperoleh vaksin paling sedikit satu minggu sebelum keberangkatan, jika mungkin.

Suatu vaksin untuk mencegah meningitis yang disebabkn oleh S. pneumoniae (juga disebut pneumococcal meningitis) dapat juga mencegah bentuk-bentuk lain dari infeksi yang disebabkan oleh S. pneumoniae. Vaksin pneumococcal adalah tidak efektif pada anak-anak yang berumur dibawah 2 tahun, namun ia direkomendasikan nuntuk semua orang-orang yang berumur diatas 65 tahun dan orang-orang yang lebih muda dengan persoalan-persoalan medis kronis yang tertentu.

Tidak ada komentar: