Kamis, 22 Maret 2012

PENGERTIAN DAN SUMBER VITAMIN A

Menurut Gomal,1986,vitamin A adalah istilah umum untuk suatu kelompok senyawa yang memiliki aktivitas biologi dari retinol dan merupakan zat gizi essensial untuk penglihatan, reproduksi, pertumbuhan, diferensiasi/pembelahan epithelium, dan sekresi lender/getah(tumoutou.net).Dalam hal ini untuk mencapai efek agak sama dengan retinol maka beta karoten / provitamin A harus dicerna sebanyak enam kali lebih banyak.

Vitamin A merupakan vitamin yang larut lemak dan pertama kali ditemukan (Almatsier, 2002:153). Selain peranan di atas vitamin A juga berperan dalam perkembangan kulit dan membrane,daya tahan tubuh, perkembangan embrio, pengurangan resiko penyakit jantung, dan sebagai antioksidan.

Disamping itu vitamin A juga dapat mempengaruhi ekspresi beberapa gen yang berbeda dan jumlahnya meningkat sesuai dengan perkembangan pengertian ilmu pengetahuan. Perubahan ekspresi gen kiranya menjelaskan perubahan resultante dalam diferensiasi sel,imunitas dan banyak fungsi-fungsi lain yang bergantung pada vitamin A. Kebutuhan normal tubuh manusia manusia dalam mengkonsumsi vitamin A adalah 180-450 mikrogram tiap hari,tergantung pada usia, jenis kelamin, dan status fisiologis. Jika orang mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang kurang dari ini maka simpanan dalam keadaan hati dialirkan untuk mempertahankan agar retinol serum tetap berada dalam keadaan normal.

SUMBER-SUMBER VITAMIN A
Vitamin A banyak terkandung dalam beberapa macam bahan makanan.Bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin A adalah daging merah,hati,susu full cream,keju,dan mentega.Semua bahan makanan tersebut merupakan bahan makanan yang tinggi akan kandungan retinolnya.

Selain bahan-bahan makanan itu masih ada bahan makanan yang mengandung vitamin A diantaranya sayur dan buah-buahan berwarna hijau dan kuning seperti wortel, sayuran hijau seperti daun singkong daun kacang, kangkung,bayam,kacang panjang, buncis, tomat, jagung kuning, papaya, mangga, nangka masak, jeruk, buah peach, apricot dan minyak sayur yaitu minyak kelapa sawit yang berwarna.

Tidak ada komentar: