Jumat, 10 Februari 2012

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI

a.Produksi pangan
Penurunan produksi pertanian sangat mempengaruhi penurunan produksi pangan sehingga akan mengakibatkan konsumsi kebutuhan gizi masyarakat kurang.
b.Pengolahan bahan makanan
Pengolahan bahan makanan di masyarakat yang tidak tepat dapat mengakibatkan bahan makanan yang semestinya mempunyai kandungan gizi yang baik dapat menjadikan bahan makan tidak mempunyai gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh.
c.Distribusi bahan makanan dan faktor harga
Pendistribusian bahan makanan yang terhambat dan stabilitas harga bahan makanan sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsumsi masyarakat, sehingga dapat mengakibatkan pemenuhan kebutuhan konsumsi gizi yang tidak seimbang.
d.Pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kemampuan sosial
Pendapatan, pekerjaan, pendidikan, dan kemampuan sosial yang kurang sangat mempengaruhi tingkat daya beli atau kemampuan masyarakat terhadap kebutuhan konsumsi gizi tidak terpenuhi.
e.Kemampuan keluarga menggunakan makanan
Pemanfaatan bahan makanan dalam sangat berpengaruh pada konsumsi yang dibutuhkan keluarga, jika keluarga tidak mampu menggunakan makanan dapat mengakibatkan keadaan gizi keluarga berkurang.
f.Tersedianya bahan makanan
Ketersediaan bahan makanan sangat berpengaruh dalam kebutuhan gizi masyarakat, jika sediaan bahan makanan makanan kurang mengakibatkan gangguan pemenuhan gizi masyarakat.

Tidak ada komentar: