Sabtu, 04 Februari 2012

PENGENALAN MASA NIFAS

A.PENDAHULUAN
Walaupun menderita nyeri dan tidak nyaman, kelahiran bayi biasanya merupakan peristiwa yang menyenangkan karena dengan berakhirnya masa kehamilan yang telah lama ditunggu- tunggu dan dimulainya suatu kehidupan baru. Namun kelahiran bayi juga merupakan suatu masa kritis bagi kesehatan ibu. Kemungkinan timbul masalah atau penyulit, yang bila tidak segera ditangani akan segera dengan efektif dan dapat membahayakan kesehatan atau mendatangkan kematian bagi ibu.lebih dari separuh kematian ibu terjadi dalam masa nifas, sehingga masa nifas ini sangat penting untuk dipantau oleh bidan.

B.PEGERTIAN MASA NIFAS
1.Masa nifas/ puerpurium
Adalah masa setelah partus selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu (Mansjoer, 2001).
2.Masa nifas/ puerpurium
Adalah periode waktu atau masa organ-organ reproduksi kembali kepada keadaan tidak hamil (Ferrer, 1999).
3.Puerpurium
Adalah suatu periode sekitar 6 minggu setelah kelahiran bayi, yang pada masa ini terjadi perubahan fisiologis kehamilan yang terbaik dan laktasi dimulai (Henderson and Jones, 2005)
4.Masa nifas
Adalah masa dimana dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta dan mencakup enam minggu berikutnya (Pusdiknakes, 2003)


C.PEMBAGIAN MASA NIFAS
Nifas dibagi dalam 3 periode :
1.Puerperium dini
Yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan.
2.Puerperium Intermedial
Yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genital yang lamanya 6-8 minggu.
3.Remote Puerperium
Yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi sampai bisa berminggu-minggu, bulanan atau tahunan (Mochtar, 1998)

D.KEBUTUHAN WANITA DALAM MASA NIFAS
1.Dukungan
Ibu dalam masa nifas membutuhkan dukungan dari petugas pemberi asuhan kesehatan terutama untuk masalah yang sudah nyata atau mencurugakan. Selain itu mereka juga membutuhkan dukungan emosional dan psikologis dari pasangan dan keluarga mereka, yang juga bisa memberikan dukungan dengan jalan membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas dirumah agar ibu mempunyai lebih banyak waktu untuk mengasuh bayinya. Ibu dalam masa nifas juga memerlukan dukungan melalui cuti hamil serta perlindungan dari kesewenang-wenangan/ kekerasan dalam rumah tangga.
2.Informasi dan Konseling
Ibu dalam masa nifas memrlukan informasi dan konseling mengenai pengasuhan anak dan pemberian ASI, dan juga perubahan fisik, termasuk kemungkinan tanda-tanda infeksi, asuhan bagi diri sendiri, kebersihan dan penyembuhan, kehidupan seksual, kontrasepsi serta gizi.
3.Rasa Takut
Ibu dalam masa nifas bisa merasa takut, oleh karena itu ia akan memerlukan dukungan dan dorongan dengan perasaan ketidakmampuan serta rasa kehilangan hubungan yang erat dengan suaminya, dan juga tanggung jawab yang terus-menerus untuk mengasuh bayi dan lain-lain.

E.TUJUAN DAN SASARAN DARI ASUHAN POSTPARTUM
1.Pecegahan, diagnosis dini, dan pengobatan komplikasi pada ibu
2.Merujuk ibu ke asuhan tenaga ahli bila perlu
3.Medukung dan memperkuat keyakinan ibu dan memungkinkan ia melaksanakan peran ibu dalam situasi keluarga dan budaya yang khusus
4.Imunisasi ibu terhadap tetanus
5.Mendorong agar terlaksana metoda yang sehat tentang pemberian makanan anak dan peningkatan pengembangan hubungan antara ibu dan anak yang baik

F.PENENTUAN WAKTU POSTPARTUM
Meski tidak ada kenyataan yang jelas, namun tampaknya ada saat-saat kontak antara ibu dalam masa postpartumdengan bidan merupakan hal yang menentukan dalam mengidentifikasi dan merespon terhadap kebutuhan dan komplikasi. Saat-saat yang penting ini dirangkum dalam rumusan, 6 jam, 6 hari, 6 minggu, meski rumusan ini tidak perlu diinterpretasikan secara kaku. Sementara bagian yang dipresentasikan dalam bagian intrapartum dititik beratkan pada asuhan awal selama 2-6 jam masa postpartum, namun terdapat kesinambungan dari dukungan dan asuhan bagi ibu selama beberapa hari pertama dari hidup bayi juga adalah sangat dianjurkan. Bahan yang dipresentasikan dibagian selebihnya dari bagian postpartum akan difokuskan pada asuhan selama 2-6 hari dan 2-6 manggu.

Tidak ada komentar: