Kamis, 02 Agustus 2012

PELAYANAN KESEHATAN UTAMA

Pelayanan Kesehatan Utama (PKU) atau Primary Health Care adalah suatu strategi yang dapat menjamin kesehatan masyarakat yang paling dasar. Pelayanan Kesehatan Utama bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan dasar dalam masyarakat melalui upaya pencegahan, peningkatan kesehatan, pengobatan dan pemulihan dengan menggunakan teknologi tepat guna, melalui pendekatan multisektoral dan distribusi merata. Pelayanan kesehatan utama diberikan dengan sasaran pada individu, keluarga dan masyarakat dengan prinsip mengikutsertakan masyarakat secara aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan.  
Tanggung jawab perawat dalam sistem pelayanan kesehatan utama adalah :
  1. Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan dan implementasi pelayanan kesehatan dan program pendidikan kesehatan.
  2. Kerjasama dengan masyarakat, keluarga dan individu.
  3. Mengajarkan konsep kesehatan dasar dan tehnik self care pada masyarakat.
  4. Memberikan bimbingan dan dukungan pada petugas pelayanan kesehatan dan kepada masyarakat.
  5. Koordinasi kegiatan kebijaksanaan tentang kesehatan masyarakat.  
Sasaran pelayanan kesehatan utama adalah individu, keluarga / kelompok dan masyarakat dengan fokus upaya kesehatan primer, sekunder dan tersier. Oleh karenanya pendidikan masyarakat tentang kesehatan dan perkembangan sosial akan membantu masyarakat dalam mendorong semangat untuk merawat diri sendiri, hidup mandiri dan menentukan nasibnya sendiri dalam menciptakan derajat kesehatan yang optimal.
Strategi pelayanan kesehatan utama adalah memotivasi masyarakat agar dapat merawat dan mengatur diri sendiri dalam memelihara kesehatan. Ada 8 (delapan) unsur utama pelayanan kesehatan utama yaitu; peningkatan pengetahuan untuk mengatasi dan mencegah masalah kesehatan, peningkatan gizi masyarakat, kesehatan ibu dan anak termasuk KB, penyediaan air yang mempunyai syarat kesehatan, sanitasi yang baik, imunisasi, tindakan preventif dan kontrol terhadap penyakit endemik lokal, tindakan yang tepat terhadap penyakit yang terjadi dan penggunaan obat tradisional dalam masyarakat.
Prinsip dalam pelayanan kesehatan utama berorientasi pada distribusi pelayanan kesehatan yang merata. Melibatkan masyarakat, menggunakan teknologi tepat guna (menggunakan sarana atau fasilitas yang ada didalam masyarakat itu sendiri), berfokus pada pencegahan dan pendekatan multi sektoral. Kegiatan dalam pelayanan kesehatan utama meliputi; pendidikan kesehatan terhadap kesehatan yang pokok, cara penanggulangan dan pencegahan serta pengobatannya, imunisasi, KIA, KB, perbaikan gizi, pencegahan penyakit menular, pengadaan obat essensiel, sanitasi dan pengadaan air bersih.
Hubungan konsep pelayanan kesehatan utama dan komunitas adalah untuk melaksanakan kesehatan masyarakat, mengatur jenjang tingkat pelayanan kesehatan menadi tingkat rumah tangga (individu atau keluarga), tingkat masyarakat (pimpinan atau tokoh masyarakat), tingkat rujukan pertama (rumah sakit tipe A dan B), serta menyelenggarakan kerjasama lintas sektoral dan lintas program yang melibatkan peran serta masyarakat. Peran serta masyarakat diperlukan dalam hal perorangan. Komunitas sebagai subyek dan obyek diharapkan masyarakat mampu mengenal, mengambil keputusan dalam menjaga kesehatannya. Sebagian akhir tujuan pelayanan kesehatan utama diharapkan masyarakat mampu secara mandiri menjaga dan meningkatkan status kesehatan masyarakat dimana mereka tinggal.

Tidak ada komentar: