Senin, 16 Januari 2012

MIKASIN AMIKASIN

A.Farmakodinamik
Mikosin adalah antibiotik aminoglikosida semi sintetik derivat dari kanomycin. Mikosin merupakan anti bakteri yang berspektrum luas yang aktif terhadap bakteri gram negatif dan beberapa bakteri gram positif. Bakteri gram negatif termasuk antara lain: Species Pseudomonas, E.Colli, Species proteus (indol positif dan indol negatif), Species klebsiella, Enterobacter, Sorratia, Citrobacter, Acicinetobacter, dan Species Providencia. Mikosin juga aktif terhadap beberapa bakteri gram positif lain seperti Streptococcus pyogenes, Streptococcus pneumoniae,dan beberapa amikosin aktif terhadap beberapa sistem yang resisten terhadap golongan aminoglikosida yang lain.


B.Farmakokinetik
Mikosin diabsorpsi dengan cepat sesudah pemberian I.M.
Pada orang dewasa normal dosis tunggal I.M. 250 mg (3,7 mg/kg) dan 500 mg (7,5 mg/kg). Kadar puncak dalam serum mencapai masing-masing 12 ug/ml dan 23 ug/ml dalam waktu 1 jam. Sesudah 10 jam kadar dalam serum mencapai 0,3 ug/ml dan 2,1 ug/ml. dosis tunggal 500 mg (7,5 mg/kg) dengan cara pemberian i.v. infus selama periode diatas 30 menit mencapai kadar puncak dalam serum 38 ug/ml pada waktu berakhirnya penginfusan dan kadar mencapai 24,18 dan 0,75 ug/ml pada 30 menit, 1 jam dan 10 jam sesudah penginfusan. Ikatan dengan serum protein 1-11 % dan kadar dalam serum tetap bertahan selama 10-12 jam. Amikosin ditemui di dalam cairan spinal pada bayi normal sekitar 10-20% dari kadar didalam serum, dan mencapai 50% jika ada peradangan selaput otak (meningitis), juga menembus barier plasenta dan kadar puncak dalam serum janin sekitar 16% dari kadar puncak dalam serum ibunya. Waktu paruh pada orang dewas diatas 2 jam dan pada janin sekitar 3,7 jam. Mikasin diekskresikan dalam urin tanpa diubah terutama melalui filtrasi glomerulus, pada orang dewasa dengan fungsi ginjal normal, sekitar 91% diekskresikan didalam urin dalam waktu 24 jam sesudah pemberian I.M. dan 94% sesedah pemberian I.V. rata-rata kadar dalam urin selama 6 jam pertama sekitar 560 ug/ml dan 830 ug/ml sesudah pemberian dosis tunggal I.M. 250 mg dan 500 mg. dapat diberikan selama 10 hari dan tidak menyebabkan akumulasi obat jika diberikan sesuai dosis yang dianjurkan.

C.Kontra Indikasi
Penderita yang hipersensitif, penderita dengan riwayat reaksi toksik serius terhadap aminoglikosida karena adanya sensitif silang obat golongan itu.

D.Indikasi
Pengobatan jangka pendek untuk infeksi-infeksi berat berikut ini:
1.Septikemia bakterial (termasuk sepsis neonatal)
2.Infeksi berat pada saluran nafas, tulang dan sendi, susunan syaraf pusat (termasuk meningitis) dan jaringan lunak
3.Infeksi Intra-abdominal (termasuk peritonitis)
4.Infeksi pada luka bakar
5.Infeksi paska bedah (termasuk infeksi paska bedah Vaskuler)
6.Infeksi saluran kemih berat dan rekuren yang disebabkan oleh bakteri gram negatif yang sensitif terhadap amikasin, termasukyang disebabkan oleh Pseudomonas spp, Enterobacter coli, proteus spp (indol positif maupun negatif), Enterobacteriaceae, (klebsiella spp, Enterobacter spp, serratia spp), providencia spp, dan Acinetobacter spp.
7.Mikasin juga efektif untuk untuk infeksi yang disebabkan oleh strain bakteri gram negatif yang resisten terhadap gentamisin dan atau Tobramisin, khususnya proteus reetgeri, providincia stuartii, serratia marcescens, dan pseudomonas aeruginosa.
8.Keputusan untuk meneruskan pengibatan dengan obat ini harus berdasarkan hasil tes sensetivitas, keparahan penyakit dan respon pasien.

E.Dosis
Mikasin injeksi bila diberikan secara intra muskular atau intra vena untuk pemakain I.V. 500 mg mikasin per vial ditambahkan 100 ml atau 200 ml cairan seperti normal saline, 5% Dextrose didalam air atau laktat ringer injeksi dan waktu penginfusan pada orang dewasa atau anak-anak lamanya antara 30 menit sampai 1 jam (pada bayi lama penginfusan antara 1-2 jam).
Cairan berisi 2,5 mg/ml atau 5 mg/ml amikasin stabil selama 24 jam pada temperature kamar. Dosis yang dianjurkan pada pemberian intra muskular dan intra vena sama. Semua perhitungan dosis berdasarkan berat badan penderita sebelum pengobatan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pak yang bener mikasin ya ?..bukan mikosin ?

Salam,
haryati