Selasa, 17 Januari 2012

SISTEM PERKEMIHAN

GINJAL
Ginjal merupakan organ retroperitoneal (di luar selaput perut) yang berjumlah dua buah, terletak disebelah kanan dan kiri tulang punggung,yang melekat langhsung pada dinding belakang abdomen,setiap ginjal panjangnya 6-7,5 cm dan tebal 1,5-2,5cm, bentuknya seperti biji kacang,dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung,sisi luarnya cembung.Pembuluh-pembuluh darahnya masuk dan keluarpada hilum.Di atas setiap ginjal menjulang sebuah kelenjar supra renal,ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari yang kiri. Setiap ginjal terbungkus oleh selaput tipis yang di sebut kapsula renalis yang terdiri dari jaringanfebrus yang berwarna ungu tua,lapisan luar terdapat lapisan kortek(dibstansia kortekalis) dan sebelah dalam lapisan medulla(substansia medularis)berbentuk kerucut yang disebut renal pyramid, puncak kerucut tadi menghadap ke kalix yang terdiri dari lubang-lubang kecil yang di sebut papilla renalis,tiap-tiap pyramid di lapisi satu dengan yang lain oleh klumna renalis,jumlah renalis antara 15-16 buah. Garis-garis yang terlihat pada pyramid disebut tubulus nefron,yang merupakan bagian terkecil dari ginjalyang terdiri dari glomerolus tubulus proksimal (tubulus kontorti I),ansa henle,tubulus distal (tubuli kontorti II).

Pada setiap ginjal di perkirakan ada 1 juta nefron ,selama 24 jam dapat menyaring darah kira-kira 170 liter,arteri renalis membawa darah murni dari aorta dari aorta ke ginjal. Lubang –lubang yang terdapat pada piramidrenal masing-masing membentuk simple dan kapilersatu badan malpigi yang di sebut glomerolus,pembuluh darah aferen yang bercabang membentuk kapiler menjadi vena renalis yang membawa darah dari ginjal ke vena cava inferior.
Ginjal berperan dalam mengatur komposisi dan volume cairan tubuh dengan menyaring bagian dari darah untuk dibuang dalam bentuk urine sebagai zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh, serta menahan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagian ginjal, nefron, merupakan unit dari stuktur ginjal yang berjumlah kurang lebih satu juta nefron. Melalui nefron ini urine disalurkan ke dalam bagian pelvis kemudian disalurkan melalui ureter ke kandung kemih.

URETER
Terdiri dari 2 saluran pipa yang masing-masing bersambung dari ginjal k eke kandung kemih atau vesika urinaria,panjangnya kira-kira 25-30 cm,dengan penampang kira-kira 0,5 cm ureter sebagian terletak dalam rongga abdomen dan sebagian lagi terletak dalam rongga pelvis.Lapisan dinding ureter terdiri dari;
1. Dinding luar jaringan ikat(jaringan febrosa)
2. Lapisan tengah (lapisan otot polos)
3. Lapisan dalam (lapisan mukosa)
Lapisan dinding ureter menimbulkan gerakan peristaltiktiap 5 menit sekali yang akan mendorong air kemih masuk ke dalam kandung kemih,gerakan ini mendorong urin melalui ureter yang di ekskresi oleh ginjal dan di semprotkan dalam bentuk pancaran.

KANDUNG KEMIH (BLADDER)
Merupakan sebuah kantong yang terdiri atas obat halus yang berfungsi sebagai penampung air seni. Dalam kandung kemih terdapat beberapa lapisan jaringan otot, yang paling dalam, memanjang ditengah dan melingkar disebut sebagai detrusor yang berfungsi untuk mengeluarkan urine apabila detrusor itu berkonstraksi. Pada dasar kandung kemih terdapat lapisan tengah jaringan otot yang berbentuk lingkaran bagian dalam atau disebut sebagai otot lingkar yang berfungsi menjaga saluran antara kandung kemih dan uretra, sehingga uretra dapat menyalurkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Pengaturan penyaluran rangsangan ke kandung kemih dan rangsangan motoris ke otot lingkar bagian dalam diatur oleh system simpatis. Akibat dari rangsangan ini otot lingkar menjadi kendur dan terjadi kontraksi sfingter bagian dalam, sehingga urine tetap tinggal dalam kandung kemih. Sistem parasimpatis menyalurkan rangsangan motoris kandung kencing dan rangsangan penghalang ke bagian dalam otot lingkar. Rangsangan ini menyebabkan terjadinya konstraksi otot detrusor dan kendurnya sfingter.

URETRA
Uretra merupakan organ yang berfungsi untuk menyalurkan urine kebagian luar. Uretra pada perempuan mempunyai fungsi berbeda dengan laki-laki. Pada laki-laki uretra digunakan sebagai tempat pengaliran urine dan sebagai system reproduksi dengan panjang 13,7-16,2 cm yang terdiri atas tiga bagian yaitu prostate, selaput ( membrane), dan bagian yang berongga (ruang);sedangkan pada perempuan uretra panjangnya 3,7-6,2 cm yang berfungsi untuk menyalurkan urine ke bagian luar tubuh.
Seluruh saluran kemih tersebut dilapisi membran mukosa, dimulai dari meatus urethra sampai ujung ginjal. Meskipun mikro organis secara normal tidak ada yang bisa melewati uretra bagian bawah, namun membran mukosa ini secara terus-menerus akan memberikan suatu yang baik sebagai media pertumbuhan beberapa patogen dan untuk penyebab infeksi.

Tidak ada komentar: