Sabtu, 04 Februari 2012

CARA MENYUSUI YANG BAIK DAN BENAR

Semua ibu tentu ingin menyusui bayi dengan cara dan posisi yang tepat. Nah, supaya ibu bisa mewujudkan keinginan tersebut, hendaknya ibu memperhatikan beberapa tips berikut:
1.Saat duduk di sofa yang empuk, sebaiknya ibu meletakkan bantal-bantal kursi di punggung agar badan lebih maju.
2.Ibu meletakkan kakidi atas kursi kecil atau tumpukan buku telepon supaya pangkuan tertata.
3.Bila tangan bayi terlalu sering bergerak, hendaknya lengan bayi dilingkarkan ke badan ibu.
4.Bayi diarahkan ke payudara, bukan payudara diarahkan ke bayi. Tindakan ini bertujuan agar ibu marasa nyaman, dan air susu bisa keluar dengan lancar.
5.Jika bayi tidak mau membuka lebar mulutnya, sebaiknya ibu menggesekan putting payudara atau jari pada bibir atasnya dengan lembut untuk mendapatkan refleks menganga. Terkadang tindakan tersebut perlu dilakukan berulang kali. Oleh karena itu, ibu harus lebih bersabar melakukannya.
6.Seluruh areola tidak harus masuk ke mulut bayi. Saat menyusui, sebaiknya areola bagian atas terlihat lebih luas dari pada bagian bawah.
7.Ibu tidak boleh memeras payudara dengan kuat.
8.Bila memerlukan penyangga ketika menyusui, ibu bisa meletakkan tangan pada tulang rusuk.

9.Ibu tetap menyusui dengan salah satu payudara selama bayi masih terus menghisap. Setelah beberapa lama, ibu dapat menyusui dengan payudara lainnya.
10.Ibu bisa menyusui sambil berbaring bila telah berhasil menyusui sembari duduk. Cara ini lebih mempermudah ibu untuk menyusui bayi pada malam hari.
11.Untuk melepaskan bayi dari putting payudara, ibu dapat meletakkan jari kelingking di sudut mulut bayi untuk menghentikan hisapannya. Ibu tidak boleh menarik mulut bayi dari payudara, karena ibu akan merasa kesakitan.
12.Bila ibu masih ragu untuk menentukan posisi menyusui yang benar, ibu bisa menemui para ahli.

Tidak ada komentar: