Sabtu, 04 Februari 2012

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAKTASI

Ada beberapa faktor yang memepengruhi proses laktasi, diantaranya faktor bayi dan faktor emosional si ibu itu sendiri atau faktor psikologi.
Ada beberapa reflek yang berpengaruh terhadap kelancaran ASI :
1.Reflek prolaktin: Sewaktu bayi menyusu ujung saraf sensori pada papila mamae terangsang. Implus oleh afferent di bawa ke hipotalamus di dasar otak yang akan mencapai pars anterior hipofise mengeluarkan hormone prolaktin ke dalam darah. Melalui sirkulasi, prolaktin mamacu sel kelenjar mensekresi air susu. Jadi makin sering bayi menyusu makin banyak prolaktin yang di lepas oleh kelenjar hipofise serta makin banyak air susu yang diproduksi oleh sel kelenjar.
2.Reflek oksitosin ( let down reflek ): Rangsangan yang ditimbulkan bayi waktu menyusu, diantar sampai ke pars posterior hipofise yang akan melepaskan hormone oksitosin ke dalam darah. Oksitosin memacu sel-sel myoepitel yang mengelilingi alveoli dan duktuli berkontraksi, sehingga memeras air susu dari alveoli, duktuli dan sinus menuju papilla mamae. Dengan demikian sering menyusui (pengosongan payudara) sangat penting agar tidak terjadi stagnasi pada payudara yang berakibat engorgement. Keluarnya air susu karena kontraksi myoepitel disebut dengan LET DOWN REFLEK.

3.Reflek rooting: Suatu reflek yang apabila bayi disentuh pipinya dia akan menoleh ke arah sentuhan, bila bibirnya di rangsan atau di sentuh dia akan membuka mulut berusaha mencari papila mamae untuk menyusu.
4.Reflek menghisap: Reflek menyusu mulai, jika ada sesuatu yang merangsang platum (durum) bayi, biasanya papila mamae. Untuk dapat merangsang langit-langit bagian belakang maka areola harus tertangkap oleh mulut bayi. Juga dengan demikian areola dan papila akan tertekan oleh gusi, lidah bayi serta palatum sehingga sinus laktiferus yang terdapat di bawah areola tertekan. Akibat air susu diperas keluar oleh mulut bayi dan ditelan sebagai pernyataan reflek menelan.

Tidak ada komentar: