Sabtu, 04 Februari 2012

KONSEP DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN

1.Perumahan
a.Definisi
Rumah adalah salah satu persyaratan pokok bagi kehidupan manusia (Dr. Soekidjo Notoatmodjo, 2003)
b.Faktor- Faktor Membangun Rumah
1)faktor lingkungan
faktor lingkungan baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Maksudnya membangun sebuah rumah harus memperhatikan tempat dimana rumah itu didirikan. Rumah di daerah pedesaan, sudah barang tentu disesuaiakan kondisi sosial budaya pedesaan, misalnya bahannya, bentuknya, menghadapnya dan lain sebagainya. Rumah didaerah gempa harus dibuat dengan bahan- bahan yang ringan namun harus kokoh, rumah didekat hutan harus dibuat sedemikian rupa sehingga aman terhadap serangan- serangan binatang buas.
2)tingkat ekonomi masyarakat
hal ini dimaksudkan rumah dibangun berdasarakan kemampuan keungan penghuninya, untuk itu maka bahan- bahan setempat yang murah missal bamboo, kayu atap rumbia dan sebagainya adalah bahan- bahan pokok pembuatan rumah. Perlu dicatat bahwa mendirikan rumah adalah bukan sekadar berdiri pada saat itu saja namun diperlukan pemeliharaan seterusnya. Oleh karena itu, kemampuan pemeliharaan oleh penghuninya perlu dipertimbangkan.

3)teknologi masyarakat
dalam rangka penerapan tehnologi tepat guna, maka teknologi yang sudah dipunyai oleh masyarakat tersebut dimodifikasi. Segi- segi yang merugikan kesehatan dikurangi dan dipertahankan segi-segi yang sudah positif.
4)kebijaksanaan pemerintah tata guna tanah
untuk hal ini, bagi perumahan masyarakat pedesaaan belum merupakan problem, namun dikota sudah menjadi masalah yang besar.
c.Syarat Rumah Sehat
1)bahan bangunan
a)lantai
lantai tidak cocok untuk kondisi ekonomi kesehatan. Lantai kayu/ cukuplah tanah biasa yang dipadatkan. Syarat yang terpenting disini adalah tidak berdebu pada musim kemarau dan tidak basah pada musim hujan. Lantai yang basah dan berdebu merupakan sarang penyakit.
b)Dinding
Dinding rumah didaerah tropis khususnya dipedesaan, lebih baik dinding atau papan. Sebab meskipun jendela tidak cukup, maka lubang- lunbang pada dinding atau papan tersebut dapat merupakan ventilasi, dan dapat menambah penerangan alamiah.
c)atap/ genteng
atap/ genteng dipakai baik diperkotaan maupun pedesaan. Disamping
d)lain- lain
2)ventilasi
3)cahaya
4)luas bangunan
5)fasilitas
d.Fasilitas Lain
2.Penyediaan Air Bersih
a.Definisi
b.Syarat Air Minum
c.Sumber Air Minum
d.Pengolahan Air Minum
e.Pengolahan Air untuk Umum dan Rumah Tangga
3.Pembuangan Kotoran Manusia
a.Definisi
b.Pengelolaan Pembuangan Kotoran Manusia
c.Tekhnologi Pembuangan Sederhana
d.Proses yang Terjadi Pada Kotoran Manusia
4.Sampah Rumah Tangga
a.Definisi
b.Sumber- Sumber Sampah
c.Jenis- Jenis Sampah
d.Pengelolaan Sampah
5.Air Limbah Rumah Tangga
a.Definisi
b.Jenis Air Limbah
c.Karakteristik Air Limbah
d.Penggolahan Air Limbah Sederhana

Tidak ada komentar: