Jumat, 10 Februari 2012

MENGENAL KELUARGA BERENCANA

1.Pengertian
a.Keluarga Berencana adalah tindakan yang membantu individu atau pasutri untuk menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, menciptakan kelahiran yang memang diinginkan, mengatur interval kelahiran, mengontrol kartu keturunan dalam hubungan dengan umur pasutri dan menentukan jumlah anak dalam keluarga (Hartanto, 2003).
b.Keluarga Berencana adalah salah satu usaha untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera yang menjadi dasar bagi terwujudnya masyarakat yang sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pertumbuhan penduduk (Prawirohardjo, 2002).
c.Keluarga Berencana adalah usaha untuk mengontrol jumlah dan jarak antara kelahiran (Wiknjosastro, 2006).
2.Tujuan KB menurut Hartanto (2003)
Tujuan program nasional kependudukan dan keluarga berencana yaitu
a.Tujuan Demografis: Yaitu dapat dikendalikannya tingkat pertumbuhan penduduk.
b.Tujuan Normatif: Yaitu dapat dihayati Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera yang pada waktunya akan menjadi falsafah hidup masyarakat Indonesia.
3.Manfaat KB menurut Mochtar (1998)
a.Untuk ibu: Memberi kemungkinan dengan ibu untuk menjarangkan kehamilan sehingga dapat mengatur jumlah dan jarak anak yang dilahirkan sehingga ibu lebih terjamin baik fisik, mental ataupun sosial.
b.Untuk anak: Anak yang direncanakan akan mendorong keluarga mengasuh dan memperhatikan perkembangan secara sungguh-sungguh sehingga dapat tumbuh baik.
c.Untuk anak yang lain: Anak yang lain sudah siap menerima adik yang dilahirkan, cukup memperoleh waktu dan perhatian untuk tumbuh kembang mendapat pendidikan dan asuhan.
d.Untuk keluarga: Keluarga dapat mengatur pendapatan untuk kepentingan keluarga.
e.Jumlah keluarga yang diinginkan akan membawa kondisi dan arah NKKBS.
4.Sasaran program KB menurut Prawirohardjo (2002)
a.PUS usia muda dengan paritas rendah
b.Generasi muda dan purna PUS
c.Pelaksana dan pengelola KB
d.Sasaran wilayah adalah dengan laju pertumbuhan tinggi dan wilayah khusus seperti sentra industri, pemukiman padat, daerah kumuh, daerah pantai dan daerah terpencil.

Tidak ada komentar: