Kamis, 19 Maret 2015

PERMASALAHAN MENOPAUSE

Pada saat memasuki fase menopause ada beberapa masalah yang dihadapi wanita, misalnya seperti berikut ini (Smart, 2010) :
  1. Stress
Wanita yang menopause akan mengalami stress.  Hal ini disebabkan ketakutan di dalam dirinya.  Ketakutan tidak dapat berprestasi lagi dalam menjalin hubungan dengan pasangan.  Selain itu, perubahan yang terjadi di dalam diri kaum hawa inilah yang menambah beban pikiran mereka.
  1. Depresi
Wanita yang mengalami depresi merasa sedih karena kehilangan kemampuan untuk bereproduksi, kehilangan kesempatan untuk memiliki anak, dan kehilangan daya tarik.  Wanita merasa tertekan karena kehilangan seluruh perannya sebagai wanita dan harus menghadapi masa tuanya.
  1. Insomnia
Kesulitan tidur (insomnia) merupakan masalah kesehatan yang sangat mengganggu dan harus diantisipasi oleh wanita yang sedang mengalami menopause.  Biasanya keluhan yang sering muncul berupa kesulitan untuk mulai tidur, tidak bisa tidur lagi, dan sering terbangun di waktu malam hari sehingga mengantuk di siang hari.
  1. Kecemasan
Perubahan fisik yang terjadi sejalan dengan masa menopause sudah tentu menimbulkan kesan yang mendalam bagi kehidupan wanita.  Mereka khawatir akan adanya kemungkinan bahwa orang – orang yang dicintainya akan berpaling dan meninggalkannya.
  1. Konsentrasi Belajar Menurun
Wanita yang mengalami menopause mengalami gangguan daya ingat dan kemampuan belajar.  Dr.  S.  Arun Karlamangla mengatakan bahwa wanita yang sudah selesai mengalami masa transisi dai sebelum menjadi menopause, maka kemampuan kognitif, daya ingat, dan kemampuan belajarnya akan kembali normal seperti saat premenopause.
  1. Mudah Terkena Penyakit
Pada saat menopause, wanita mengalami kondisi ketika hormon seksualyang sebelumnya diproduksi menjadi tidak diproduksi lagi.  Konsekuensi dari tidak diproduksinya lagi hormon – hormon ini adalah terjadinya penyakit – penyakit inflamasi yang bersifat kronik, seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis, alzhaimer dan pennyakit autoimun.
  1. Tekanan Darah yang Meninggi
Tekanan sistolik wanita menunjukkan peningkatan sekitar 5 mmHg saat menopause.  Dalam sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2001 – 2003 pada orang berusia di atas 60 tahun menunjukkan tekanan sistolik pada wanita lebih tinggi daripada pria di semua negara bagian Amerika Serikat.


DAFTAR PUSTAKA

Andrews, Gilly.  2009.  Buku Ajar Kesehatan reproduksi Wanita.  Jakarta  :  EGC.
Arikunto, Suharsini.  2006.  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.         Jakarta  :  PT.Rineka Cipta.
Baziad, Ali.  2003.  Menopause dan Andropause.  Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwaono Prawirohardjo.
Bertiani.  2009.  Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Menopause pada Wanita di Kelurahan Titi Papan Kelurahan Medan Tahun 2009.  Skripsi Fakultas kesehatan Masyarakat Medan.
BKKBN.  2006.  Deteksi Dini Komplikasi Persalinan.  Jakarta : BKKBN.
Friedman.  2004.  Keperawatan Keluarga.  Jakarta : EGC
Hutapea, Ronald.  2005.  Sehat dan Ceria di Usia Senja.  Jakarta  :  PT.Rineka Cipta.
Indarti, Junita.  2004.  Panduan Kesehatan Wanita.  Jakarta  :  Puspa Swara.
Manuaba, Ida Bagus Gede. 2008. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.
Kasdu, Dini.  2002.  Kiat sehat dan Bahagia di Usia Menopause.  Jakarta  :  Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.
Nursalam. 2008. Konsep Penerapan Metodologi Penelitian Dan Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Proverawati, Atikah.  2009.  Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna.  Yogyakarta  :  Nuha Medika.
Proverawati, Atikah.  2010.  Menopause dan Sindrome Premenopause.  Yogyakarta  :  Nuha Medika.
Rustam, Mochtar. 2005. Sinopsis Obstetri Jilid I. Jakarta : EGC.
Smart, Aqila.  2010.  Bahagia di Usia Menopause.  Yogyakarta  :  A+PLUS BOOKS.
Varney.  2006.  Buku Ajar Asuhan Kebidanan.  Jakarta  :  EGC.
Wiknjosastro, H. 2005. Ilmu Kandungan.   Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Wiknjosastro, H. 2006. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal.   Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Yatim, F.  2001.  Haid Tidak Wajar dan Menopause.  Jakarta  :  Pustaka Populer Obor.



   


Tidak ada komentar: